Cara Instal Gammu di Windows 7

Posted by Unknown on 8:44 PM with No comments
Gammu adalah library yang memiliki fungsi untuk komunikasi antara telepon seluler dengan beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Visual Basic, Java dan lain-lain. Banyak software SMS dan SMS Gateway yang dijual di pasaran menggunakan Gammu sebagai komponen utama, termasuk JWM SMS Gateway. Artikel ini akan membahas bagaimana cara install gammu di Windows 7. Untuk instalasi Gammu di Windows XP dan Windows 8 memiliki banyak kesamaan dengan langkah-langkah cara install gammu di windows 7 ini.
Spesifikasi teknis yang kami gunakan selama penulisan artikel ini:
Berikut ini langkah-langkah Install Gammu di Windows 7

1. Download Gammu versi terbaru

Untuk memastikan kinerja yang optimal, sebaiknya gunakan versi Gammu terbaru. Versi terbaru biasanya telah dilengkapi dengan perbaikan-perbaikan dan penambahan fitur untuk meningkatkan kemampuan utility ini. Download Gammu versi terbaru di http://wammu.eu/download/gammu/win32/ – sebaiknya anda memilih ekstensi .zip untuk memiliki kontrol yang lebih baik terhadap parameter yang akan dimasukkan nanti. Saat tulisan ini dibuat, versi terbaru adalah Gammu 1.33

2. Ekstrak di drive lokal

Setelah di download, ekstrak file Gammu-1.33.0-Windows.zip ke drive komputer Anda. Tidak ada masalah di ekstrak di C:\ atau D:\ – kini seharusnya anda memiliki struktur folder seperti dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar):
cara-install-gammu-di-windows-7-a
Ilustrasi susunan folder instalasi gammu di drive C:\ pada Windows 7

3. Catat Port Modem

Setelah ekstrak file Gammu, kini saatnya mencolokkan kabel USB modem ke salah satu port USB di komputer/laptop. Kemudian catat port modem yang dikenali oleh komputer. Untuk mengetahui port modem yang dikenali oleh komputer, lakukan langkah berikut:
  1. Klik tombol Start » klik kanan pada Computer » pilih Properties » klik Device Manager
    cara-install-Gammu-di-Windows-7-b
  2. Klik pada bagian Ports dan lihatlah di port mana modem dikenali oleh Windows 7. Pada gambar diatas modem Wavecom yang kami gunakan dideteksi melalui COM36, berarti port yang digunakan adalah port 36. Catatlah nomor port ini, karena akan kita gunakan nantinya.

4. Import skema database gammu

Berikutnya adalah mengimpor skema database yang nantinya akan digunakan untuk manajemen SMS. Caranya:
  1. Buat database baru menggunakan phpmyadmin, beri nama sesuai keinginan Anda. Contoh kali ini kita beri nama ‘jwm-sms‘.
  2. Import skema database gammu yang diletakkan pada C:\Gammu\share\doc\gammu\examples\sql (ganti drive sesuai lokasi instalasi Gammu yang anda tentukan sebelumnya)
  3. Catat nama database ini. Akan kita butuhkan sebentar lagi

5. Edit file konfigurasi Gammu

Ada 2 file yang harus kita edit agar Gammu bisa beroperasi dengan baik:
  • gammurc
  • smsdrc
Kedua file ini bisa anda temukan di C:\Gammu\bin. Gunakan Notepad untuk mengeditnya, jangan gunakan Ms. Word karena mungkin akan merusak formatnya. Rekomendasi kami adalah Notepad++ yang bisa di download di http://notepad-plus-plus.org/download.
Berikut ini contoh setting yang kami lakukan pada file gammurc dan smsdrc:
cara-install-Gammu-di-Windows-7-c
cara-install-Gammu-di-Windows-7-d

6. Testing koneksi dari Gammu ke modem

Dari Command Prompt (Start » Search program and files » ketik cmd, tekan enter) ketikkan:
cd c:\Gammu\bin <enter>
gammu identify <enter>
Akan muncul hasil seperti berikut:
cara-install-Gammu-di-Windows-7-eJika muncul pesan ‘Error opening device, it doesn’t exist.’ artinya file gammurc belum diedit dengan benar. Pastikan port modem yang dikenali oleh komputer telah dimasukkan ke bagian device. Jangan lupa tanda ‘:’ setelah nomor port.

7. Install service gammu di Windows 7

Setelah koneksi antara Gammu dan modem telah terbentuk, saatnya menginstal service Gammu agar berjalan otomatis saat Windows 7 start up. Bagian ini agak tricky karena seringkali walaupun koneksi sudah terjalin tapi gagal saat install servicenya. Penyebab paling umum adalah hak akses yang dibatasi oleh Windows 7 karena Anda tidak login sebagai Administrator. Untuk memastikan agar service bisa diinstall dengan baik lakukan hal berikut:
  1. Start » Search program and files » ketik cmd
  2. Sebelum menekan enter, klik kanan pada icon cmd.exe yang muncul dibagian panel start kemudian pilih Run as administrator
  3. Pastikan anda telah di folder C:\Gammu\bin kemudian ketikkan gammu-smsd -c smsdrc -i
  4. Akan muncul pesan Service GammuSMSD installed sucessfully
  5. Kemudian Start » Search program and files » ketik services, tekan enter
  6. Cari entry dengan nama Gammu SMSD Service (GammuSMSD)
  7. Dobel klik pada entry tersebut kemudian pada Startup type pilih Automatic (Delayed Start)
    cara-install-Gammu-di-Windows-7-f
  8. Klik Start, maka service gammu kini telah terinstal di Windows 7 dan akan berjalan otomatis saat komputer dinyalakan.
Perhatian: Pastikan kabel USB modem yang anda gunakan di colokkan ke port yang sama. Jika menggunakan port USB yang berbeda maka gammu tidak akan mendeteksi modem Anda. Jika Anda memutuskan untuk mengubah port USB yang akan digunakan, terlebih dahulu stop service Gammunya kemudian edit file gammurc dan smsdrc, sesuaikan nomor portnya dengan port yang ditunjukkan oleh komputer / laptop, kemudian simpan perubahan file dan restart service Gammu-nya.
Bagaimana, apakah anda menemui kesulitan selama menerapkan artikel Cara install gammu di windows 7 ini? Jika ada masalah yang Anda temui selama proses instalasi, silahkan berdiskusi di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.