Cara Paling Mudah Upgrade OS Android

Posted by Unknown on 6:17 AM with No comments

Aplikasi Internet Super Ngebut & Irit Kuota 90%

cara upgrade OS Android
Upgrade OS android tidak sesulit yang kita bayangkan, namun tidak semua ponsel android bisa di upgrade dengan Os yang terbaru, semisal Kitkat. Jika handphone anda termasuk jenis kawak, sebaiknya jangan berharap lebih, karena hampir semua vendor tidak menyediakan upgare terbarunya. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa OS yang kita gunakan apakah sudah yang paling akhir. Ada beberapa metode yang sering saya gunakan. Diantaranya:
  1. Cek ke Google.com, caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci “Latest Os (tipe handphone anda)” tanpa tanda kurung dan petik. Jika yang terakhir bukan Kitkat maka jangan pernah ngeyel untuk minta ke Kitkat. :D
  2. Masuk ke Pengaturan » About » Version. Jika “beruntung” akan ada pemberitahuan untuk update dan berarti handphone anda masih bisa diupdate.
  3. Cari ke Website Official masing-masing vendor misal untuk samsung  » http://www.samsung.com/ « cari sesuai dengan type handphone, lalu lihat pada spesifikasi, Os yang tercantum adalah OS yang paling akhir.
    Untuk vendor lainnya, tinggal anda cari di Google :D
  4. Masuk ke forum Android Lovers, disini anda bisa mencari referensi atau pun sekedar bertanya, yang perlu diperhatikan disini adalah anda harus mengerti bahasa inggris, dan sebelum mengajukan pertanyaan anda harus mencari dulu di kolom search agar tidak terjadi Thread pertanyaan yang berulang.. Ini forumnya http://forum.xda-developers.com/
Dan ini adalah urutan Versi Android Dari awal sampai saat ini
Sumber : WikiPedia
Setelah mengetahui OS apa yang terakhir tersedia untuk handphone android anda selanjutnya tinggal melakukan upgrade, ada 2 cara yang sering saya lakukan, yang pertama saya menggunakan firmware dan tool untuk flashing, dan yang kedua saya menggunakan fasilitas System Update bawaan Android. Ingat anda harus tahu betul versi android apa pada handphone saat ini, dan kemudia jangan sampai bertanya kepada saya bagaimana cara merubah ke kitkat dan lain sebagainya, yang padahal perangkat anda hanya sampai Jellybean. :D

Cara Melakukan Upgrade OS menggunakan System Update

  1. Pastikan anda menggunakan fasilitas internet super cepat dan aman, jangan sampai gunakan internet berkuota. Saran saya sih mending menggunakan wifi pribadi, minjem temen mungkin, atau pake internet kantor selepas pulang kerja,hehehe.. Tujuannya jelas, agar proses upgrade os tidak putus ditengah jalan.
  2. Pastikan drive anda cukup luas, saran saya ada ruang yang bebas sekitar 512 MB atau 1 GB, lebih juga tidak masalah, sebenernya sih kecil ukurannya, tapi untuk jaga-jaga biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Pastikan Baterai Android anda dalam kondisi prima dan penuh, jika kehabisan ditengah jalan maka anda akan menerima akibatnya, iyaa..mati (mati karena kehabisan baterai). :D
  4. Backup dulu semua data ke memory External, karena pada drive C akan terformat secara otomatis, atau jika anda menggunakan akun Google bisa juga menggunakan fasilitas backup bawaan google, lebih aman dan praktis, cuman anda harus menyipakan internet yang cepat dan stabil.
  5. Jika dirasa sudah cukup sekarang saatnya anda melakukan Update System, Caranya masuk ke Pengaturan » Tentang Perangkat » Update System sesuaikan denga bahasa pada handphone android anda, untuk english Setting » About » System Update langkah selanjutnya anda harus mengikuti peraturan masing-masing vendor, ada banyak macamnya, dan saya rasa anda psti juga sudah paham. :D
  6. Dan apabila semua proses telah selesai berarti Os anda sudah terinstal dengan Os yang paling baru. Ingat yang paling baru bukan berarti yang paling terakhir ada saat ini, semua tergantung dari kebijakan vendor masing-masing produk.
Untuk 6 langkah diatas memang sangat dasar, tapi ini menurut saya yang paling mudah untuk upgrade os android ke yang lebih baru, jika anda ingin mengupgrade menggunakan software dan firmware anda bisa mencari cara nyadi forum XDA yang sudah saya cantumkan diatas. Silahkan bertanya jika ada kesulitan.