Spartan, Nama Baru Internet Explorer?

Posted by Suhaivi Hamdan on 6:06 AM with No comments

Illustrasi: Thehackernews.com
Illustrasi: Thehackernews.com
Jakarta, PCplus – Hampir 20 tahun sejak dikenalkan tahun 1995 Microsoft menggunakan nama Internet Explorer untuk browsernya. Tapi, Windows 10 yang rencananya akan resmi hadir tahun ini bakal membawa “aura” baru bagi Internet Explorer.
Seperti dikabarkan ZDNet, Microsoft berencana merilis versi baru dari IE. Namanya pun bukan lagi IE, kuat dugaan Microsoft akan menamainya Spartan.
Oleh beberapa sumber, Spartan bukanlah IE 12, melanjutkan versi sebelumnya. Kendati masih menggunakan mesin JavaScript Microsoft bernama Chakra dan mesin render Trident, Spartan memiliki “rasa” yang mirip Chrome dan Firefox.
Ini diketahui dari rencana dukungan terhadap beragam ekstensi untuk menambah fungsi browser seperti yang sudah ada di Chrome dan Firefox, juga beberapa browser modern lain seperti Opera.
Spartan juga akan dibuat lebih ringan dan cepat, supaya tak menghabiskan banyak sumber daya PC. Maklum, Spartan yang nantinya akan jadi paket tak terpisahkan di Windows 10 akan dituntut mampu berjalan di beragam platform perangkat keras untuk desktop dan piranti mobile.
Microsoft rencananya akan menunjukkan Spartan pada 21 Januari ini sebagai bagian dari ditunjukkannya fitur baru Windows 10. Spartan pun saat ini juga masih merupakan nama kode yang dipakai Microsoft untuk pengembangan, bisa jadi nama ini akan berubah saat rilis resminya.