Kembalikan Sistem Dari Dual-Boot ke Single-Boot

Posted by Suhaivi Hamdan on 6:05 AM with No comments
dualboot
Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba Windows 10 Technical Review, bisa memasangnya secara dual boot dengan Windows 7. Namun karena Windows 10 TC merupakan sistem untuk ujicoba, maka tidak heran masih banyak terdapat kekurangan yang terkadang cukup mengganggu. Nah jika kamu telah memasangnya secara dual-boot dan ingin menghapusnya kembali, bisa melakukannya dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:
1. Masuk ke tampilan dual-boot, dan pilih Change defaults or choose other options. Klik pada pilihan Choose a default operating system dan pilihan Windows 7. Tekan tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya dan lakukan boot melalui Windows 7.
boot-01
2. Pada Windows 7, tekan tombol Windows+R dan ketik msconfig. Pada tab Boot, pilih Windows Technical Preview dan tekan Delete. Klik Apply dan lakukan Restart.
boot-02
3. Setelah kembali ke Windows 7 selanjutnya kita akan menghapus partisi Windows 10, tekan tombol Windows +R dan ketik diskmgmt.msc. Pilih drive D (lokasi Windows 10), klik kanan dan pilih Delete volume. Klik Yes untuk melanjutkan.
boot-03
4. Klik kanan pada drive C, pilih Extend Volume, klik Next. Pada kolom Selected akan tampil drive D bekas Windows 10 yang telah kamu pilih. Klik Next lalu Finish. Maka drive D tadi otomatis akan bermigrasi dengan drive C. Lakukan Restart dan sistem akan kembali seperti sediakala.
boot-04